Suatu ketika nabi muhammad pernah berkata dalam sabdanya,bahwa nabi mengatakan”sumber dari pada kesalahan adalah karena kecintaan kepada dunia”.

Nabi menjelaskan manusia sering lupa akan tujuan hidup ini kemana dia akan kembali,dan mereka tidak menyadari bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara,apa yang mereka inginkanpun harus di dapatkan dengan berkerja keras dan bersusah payah,semuanya akan musnah,dan binasah, karena dosanya manusia dapat terjerumus dalam neraka.

tetapi jika mereka mengingat akan kehidupan di akhirat,bertakwa pada allah dan beribadah dengan tekun,karena amal dan pahalanya dapat memasukannya kedalam syurga .yang di mana mereka akan hidup kekal,mendapatkan semua yang di ingikannya,hal yang baru terbesit dalam pikiranpun langsung terkabul dan diberikan oleh alllah subhanaallah ta’ala.

dunia ini sering membuat manusia lalai,mereka bersenang senang di dunia,berkerja keras hanya untuk menumpuk harta sebanyak banyaknya,agar keinginan dan kemewahan hidupnya dapat terlaksana, sampai lupa akan kewajiban beribadah kepada allah,padahal sudah terukir jelas firman allah dalam surat At-takasur ayat 1 sampai 4 yang menerangkan tentang; bermegah megahan telah melalaikan kalian,hingga kalian masuk kedalam kubur,sekali kali tidak kelak kalian akan mengetahui,kemudian sekali kali tidak kelak kalian akan mengetahui.

semestinya manusia bersabar dan menahan segala keinginannya dan tidak tergoda dengan bujuk rayu dan tipu daya kehidupan di dunia.semestinya juga manusia hidup dengan apa yang telah di perintahkan dan diajarkan oleh baginda nabi muhammad saw,diantaranya yaitu:

1.dzuhud dalam artian menggunakan dunia hanya seperlunya saja jangan sampai terlena dengan kehidupan yang sementara ini.

2.bersabar dan bertakwa kepada allah melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi semua larangannya.

3.waro’ah yang berarti berhati hati dalam kehidupan di dunia,berhati dari perkara subhat dan haram,berhati hati dan berusaha menjauhi perkara yang berbau maksiat atau keburukan.

sumber;kitab Nashoihul ibad.Darunur Al musthafa.com